Sudah Ada NFC, Samsung Galaxy A31 Mudahkan Pembayaran Digital

Samsung Indonesia baru saja meluncurkan smartphone terbarunya, Samsung Galaxy A31. Perangkat ini tidak hanya memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk permainan dan fotografi, tetapi juga teknologi NFC.

Pada acara peluncuran Samsung Galaxy A31, Irfan Rinaldi, sebagai Manajer Pemasaran Produk di Samsung Electronics Indonesia, mengumumkan bahwa selain Galaxy A31, Samsung juga secara konsisten menghadirkan NFC pada beberapa smartphone sebelumnya.

Selain itu, Samsung Pay mendukung Samsung Galaxy A31 dengan dompet digital dari Dana. Irfan menyampaikan bahwa transaksi digital Samsung Pay akan tumbuh karena mereka akan segera berkembang ke Gopay.

"Kami juga menandatangani MoU dengan Gojek untuk menggunakan Gopay sebagai transaksi digital agar perangkat kami terhubung ke Samsung Pay," katanya kepada tim travel-books-blog.blogspot setelah meluncurkan Samsung Galaxy A31 (5 Mei 2020).

Irfan menambahkan bahwa Samsung Pay saat ini juga sedang menangani bank terpilih untuk membahas pembayaran uang elektronik digital yang dapat diintegrasikan ke dalam platform.

Samsung Pay sendiri memiliki teknologi QR yang menggunakan dompet digital dari layanan mitra yang telah bekerja dengan Samsung seperti Dana. Dengan hadirnya Samsung Pay, para pengguna dapat melakukan transaksi secara langsung dari perangkat tanpa harus menghabiskan uang fisik untuk melakukan pembayaran lebih mudah dan lebih cepat.

Bagi kamu yang tidak tahu NFC, teknologi ini, yang merupakan singkatan dari komunikasi jarak dekat, adalah protokol komunikasi nirkabel jarak pendek. Samsung juga menggunakan teknologi NFC ini di beberapa perangkat sebelumnya yang beredar di pasaran.

Smartphone Samsung yang sudah menawarkan dukungan NFC termasuk Samsung Galaxy Z Flip, Samsung Galaxy S20 Ultra, Samsung Galaxy S20 +, Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S10 Lite, Samsung Galaxy Note 10, Samsung Galaxy A71, Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A30s.

Dengan Samsung Galaxy A31, jumlah smartphone Samsung yang menggunakan NFC telah meningkat menjadi sepuluh. Keuntungan NFC adalah bahwa pengguna dapat dengan mudah melakukan pembayaran digital, memindahkan data, dan menghubungkan perangkat dengan aksesori atau perangkat tambahan yang juga mendukung teknologi.